Wujudkan Pekalongan Bebas Eksploitasi Anak, Pemkot Buat Deklarasi Perusahaan Bebas Pekerja Anak

Wujudkan Pekalongan Bebas Eksploitasi Anak, Pemkot Buat Deklarasi Perusahaan Bebas Pekerja Anak
 
Wakil Walikota Pekalongan buka rangkaian kegiatan roadshow dalam rangka Deklarasi Perusahaan Bebas Pekerja Anak pada hari Senin (10/10/2022) di PT Retota Sakti Kota Pekalongan.
 
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pekalongan (Pemkot) bersama DPMPPA dalam penyelenggaraan pencegahan, pengurangan risiko, dan penanganan eksploitasi kepada anak, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Pekalongan.
 
“Karena anak-anak ini masih berada dalam usia yg rentan, sehingga kadang bisa saja mereka mengalami hal yang tidak menyenangkan di lingkungan kerjanya. Nah hal ini yang ingin kita hindari”, tutur Salahudin.
 
Selanjutnya, disampaikan pula oleh Sukmawan Hendra Dahanan, Pimpinan PT. Retota Sakti Pekalongan, bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung adanya regulasi tersebut sebagai penjaminan bahwa anak juga mempunyai hak-hak yang harus dilindungi.
 
“PT Retota Sakti sendiri secara otomatis dalam menerapkan peraturannya langsung mengadopsi itu, jadi kita memang tidak memperkerjakan anak-anak, sesuai dengan undang-undang ya minimal usia 18 tahun”, tambahnya.
 
Salahudin juga berharap bahwa kedepannya agar perusahaan dapat membuat program-program CSR yang dikhususkan bagi anak-anak yang masih dibawah umur namun terpaksa harus bekerja.
 
“Kita bisa konsep agar anak itu tidak menjadi pekerja, tetapi menjadi anak asuh, atau magang dan belajar di perusahaan sekitar 1-2 jam agar anak paling tidak memiliki keahlian untuk bekal saat usianya sudah siap untuk bekerja nanti, atau bisa juga dengan dibuat program seperti disekolahkan dan setelah lulus dapat bekerja pada perusahaan tersebut dengan jangka waktu tertentu”.
 
Roadshow ini rencananya akan dilanjutkan ke enam perusahaan yang ada di Kota Pekalongan sebagai perwakilan, seperti Transmart, CV Budi Djaya, PT MPS, PT MKCM, dan PT Maya Food.
 
Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan