Waspada Cuaca Ekstrem, Wali Kota Pekalongan adakan Apel Kesiapsiagaan

Waspada Cuaca Ekstrem, Wali Kota Pekalongan adakan Apel Kesiapsiagaan
 
Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE, menghadiri sekaligus memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana pada musim hujan 2022-2023 Kota Pekalongan di halaman kantor kecamatan Pekalongan Utara, Selasa (25/10/2022).
 
Acara yang diselenggarakan guna mengantisipasi terjadinya bencana pada musim hujan di Kota Pekalongan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Pekalongan H. Salahudin STP, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi, Dandim 0710, Letkol Rizky Aditya, Komandan Brimob Batalyon B Pelopor Pekalongan, AKBP Supandi, camat dan lurah se Kota Pekalongan, serta jajaran anggota TNI/POLRI, BPBD kota Pekalongan, dan seluruh relawan penanganan bencana Kota Pekalongan.
 
Wali Kota Aaf menjelaskan bahwa apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini dilatarbelakangi dari melihat kondisi siklus dimana biasanya di penghujung akhir tahun mulai Bulan November-Desember 2022 hingga awal tahun 2023 nanti terjadi puncak curah hujan yang mengakibatkan Kota Pekalongan rawan banjir.
 
"Mudah-mudahan tahun ini curah hujan tidak begitu tinggi namun kita tetap harus waspada dan mengantisipasinya potensi bencana tersebut," ucapnya.
Pada kesempatan tersebut, Wali Kota beserta pejabat lainnya mengecek sarana dan prasana kesiapsiagaan bencana dari armada, kapel karet, kapel fiber, sumber daya manusia (SDM) petugas dan relawan yang siap siaga 24 jam untuk antisipasi potensi dan dampak bencana yang bisa saja terjadi kapan saja.
 
Aaf juga menjelaskan bahwa informasi dari BPBD berlandaskan data dari BMKG dan Pemerintah Pusat melalui BNPB, potensi curah hujan tinggi bisa terjadi pada Bulan November-Desember 2022 mendatang. Sehingga, semua antisipasi dan pencegahan harus disiapkan mulai dari pasukan relawan, SDM petugas, alat dan armada penyelematan, dan sebagainya. Bahkan, pembangunan infrastruktur pengendali banjir dan rob di Kota Pekalongan juga tengah dikebut untuk dirampungkan secara bertahap.
 
Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan