Wakil Wali Kota Buka Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan

Wakil Wali Kota Buka Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan
 
Wakil Wali Kota Pekalongan, H. Salahudin, STP., hadiri sekaligus buka kegiatan Festival Hari Santri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022, pada hari Rabu (19/10/2022) di Ruang Jlamprang Sekretariat Daerah Kota Pekalongan.
 
Dalam sambutannya, Salahudin, Wakil Wali Kota Pekalongan, menyampaikan bahwa kiprah para ulama dan santri begitu diakui oleh negara karena sejak dahulu dalam setiap fase perjalanan Indonesia selalu ada andil peranan ulama atau santri di dalamnya.
 
Salahudin juga menyampaikan, walaupun generasi para santri terus berubah, namun para santri masa kini haruslah mengetahui dan mengingat bagaimana perjuangan para ulama atau santri pendahulunya.
 
“Santri-santri sekarang biar tahu bagaimana perjuangan para pendahulunya. Karena dulu sebelum ada negara ini kan basis perjuangan dipelopori oleh para Kyai pengasuh pondok pesantren. Sebelum Indonesia merdeka kan sudah ada kongres NU, muktamar Muhammadiyah yang mengundang seluruh ulama se-Indonesia. Nah, itu kan sebuah hal yang luar biasa,” terangnya.
 
Selanjutnya, Salahudin berharap, para santri masa kini dapat melanjutkan perjuangan pendahulu mereka dalam menjaga NKRI dengan keunggulan spirit yang diajarkan di pondok-pondok pesantren.
 
“Mereka harus bisa mengkombinasikan syariat-syariat yang telah diajarkan dengan kemudahan teknologi, era digital saat ini, untuk mendapatkan sumber-sumber ilmu yang lainnya,” tambah Salahudin.
 
Adapun kegiatan Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan akan berlangsung mulai dari 19-22 Oktober 2022 dengan berbagai kegiatan dan juga lomba-lomba yang dimaksudkan agar dapat menggali potensi yang para santri Kota Pekalongan.
 
Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan