Pemkot Pekalongan Giatkan Gerakan World Cleanup Day dengan Bersih-Bersih Pantai

Kota Pekalongan - Pemkot Pekalongan bersama ratusan elemen masyarakat  Kota Pekalongan menggiatkan gerakan bersih-bersih sampah di sepanjang pantai Pasir Kencana Kota setempat, Jumat (28/9/18). Acara tersebut dipimpin Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih,.SE.,M.Si bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan. 

Sejak World Cleanup Day (WCD) dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (16/9/18) di Semarang diharapkan bukan sekedar kegiatan seremonial tahunan saja, namun lebih lanjut  dapat menumbuhkan budaya perilaku hidup bersih di masyarakat yang dilakukan kapan pun dan di mana pun berada. Gerakan World Cleanup Day di Kota Pekalongan juga diharapkan mampu menyentuh semua lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, komunitas peduli lingkungan, pemerintah, TNI, Polri dan yang lainya. "Kegiatan pada hari ini sebagai upaya untuk menumbuhkan peran serta masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan tidak menjadi penyumbang sampah aktif," ujar Sri Ruminingsih.SE,.M.Si.

Pada kesempatan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Dra. Purwati bahwa pihaknya adalah sebagai leading sector yang bertanggung jawab penuh untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, membiasakan hidup bersih serta peduli lingkungan. Melalui kegiatan ini semoga bisa menjadi contoh agar bisa diterapkan di lingkunganya masing-masing.