Pelibatan Perempun Dalam Ekonomi Keluarga Kian Tinggi, Pemkot Gencar Berikan Pelatihan

Pelibatan Perempun Dalam Ekonomi Keluarga Kian Tinggi, Pemkot Gencar Berikan Pelatihan
 
Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya, hadir sekaligus membuka pelatihan keterampilan menjahit bagi ibu rumah tangga (IRT) dengan menggunakan limbah kain perca yang bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Pekalongan, Selasa (7/3/2023). Pelatihan menyasar 25 IRT dari masing-masing 4 kelurahan yakni Bandengan, Tirto, Banyurip dan Gamer.
 
Dalam kesempatan tersebut, Inggit, Ketua Dekranasda menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan di bidang wirausaha saat ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, sebab saat ini pelibatan perempuan dalam pendapatan ekonomi keluarga kian tinggi, “Perempuan sejatinya multitalenta, jadi sangat sayang sekali kalau sebenarnya serba bisa tetapi tidak diasah potensinya,” tutur Inggit.
 
Penggunaan kain perca sebagai bahan utama dalam sebuah produk menurut Inggit sangat tepat karena di kota Pekalongan banyak produksi kain, tekstil, konveksi dan lainnya, dimana kain perca tersebut kemudian menjadi limbah. “Pengelolaan limbahnya bisa dijadikan barang yang punya daya jual yang lebih tinggi seperti dibuat tas, sarung bantal, taplak, atau aksesoris rumah tangga yang lain,” sambungnya.
 
Inggit menambahkan produk dari kain perca ini tergolong unik dan tidak ada yang menyamai, sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli. Lanjutnya, ia juga mengajak ibu rumah tangga agar dapat memanfaatkan kemajuan digital dalam pemasaran produk untuk memperluas pangsa pasar.
 
Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan