60 Stand Kuliner Ramaikan Festival Ragam Kuliner Pantura

60 Stand Kuliner Ramaikan Festival Ragam Kuliner Pantura

Kota Pekalongan - Dalam rangka mempromosikan kuliner khas daerah, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) menggelar Festival Ragam Kuliner Pantura Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis-Sabtu, 11-13 Juli 2024 di Halaman Setda Kota Pekalongan. Dalam acara festival tersebut, tersedia beragam jenis kuliner lezat khas dari daerah-daerah sepanjang pantura.

Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid menjelaskan bahwa Festival Kuliner ini diramaikan dengan 60 stand peserta dari beberapa daerah mulai dari Barat Sampai Timur Pulau Jawa sepanjang Pantura seperti Jakarta, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, dan sebagainya. Festival kuliner ini baru pertama kali dilaksanakan di Halaman Setda yang berada di Kompleks Kantor Pemkot Pekalongan, sebelumnya biasanya digelar di Lapangan Jetayu, Gor Jetayu ataupun Lapangan Mataram.

"Kami ingin suasana yang berbeda karena halaman Setda ini masih luas dengan diramaikan 60 stand aneka kuliner masih cukup. Kami adakan di sini juga dikarenakan ingin mendekatkan diri kepada masyarakat bahwa Kantor Pemkot ini juga milik masyarakat," ucap Mas Aaf, sapaan akrabnya, usai membuka kegiatan Festival Ragam Kuliner Pantura yang ditandai secara simbolis dengan pencacahan nangka muda sebagai bahan dasar megono khas Pekalongan, Kamis malam (11/07/2024).

Disampaikan Mas Aaf, dengan adanya acara ini diharapkan aneka kuliner khas pantura terutama Kota Pekalongan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan pendapatan UMKM. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya untuk beramai-ramai bersama keluarga dan sanak saudaranya mengunjungi Festival Ragam Kuliner Pantura yang berlangsung hanya 3 hari ini. Mas Aaf menyebutkan, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk dan bisa memborong aneka kuliner khas dengan pembayaran tunai maupun non tunai.

"Kami ajak seluruh masyarakat Kota Pekalongan semuanya untuk meramaikan Festival Ragam Kuliner Pantura dari Kamis malam sampai Malam Minggu. Makanannya enak-enak, harganya pun masih terjangkau," terangnya.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan