287 peserta ikuti Lomba MTQ dan STQ tingkat Kota Pekalongan

Kota Pekalongan - Sebanyak 287 ikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat kota Pekalongan. Pembukan ditandai pemukulan rebana oleh Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz yang didampingi Kepala Kemenag Kota Pekalongan Ahmad Mudzakir, Sabtu (6/10) di aula SMK 3 Pekalongan. Dalam sambutannya Walikota mengatakan lomba MTQ dan STQ merupakan upaya pemerintah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap alqur'an dan menciptakan generasi qur'ani. "MTQ dan STQ wadah untuk mencetak insan pembaca alqur'an terbaik yamg sesuai dengan mahorijul hurufnya," terangnya.

Menurut walikota dalam lingkup keluarga hampir semuanya memiliki alqur'an. Namun pada kenyataanya masih kalah dengan koran dan handphone. "Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menumbuhkan minat baca anak-anak terhadap alqur'an," tuturnya. Sementara itu Kepala  Kemenag Kota Pekalongan menambahkan lomba  MTQ dan STQ tersebut di ikuti sebanyak 287 peserta dari pelajar dan masyarakat umum. "Untuk MTQ mulai dari SD/MI,SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Sedangkan lomba STQ untuk masyarakat umum seperti pondok pesantren dan masjlis taklim," terangnya.

Dari lomba tersebut akan di ambil tiga terbaik. Dan untuk juara pertama akan mewakili Kota Pekalongan di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini. "Untuk lomba MTQ akan diselenggarakan di Kabupaten Kebumen pada bulan Nobember . Sedangkan STQ di Asrama Haji Donohudan, Solo pada bulan Desember," jelasnya.