Wali Kota Pekalongan Dorong Pemberdayaan Pengemudi Profesional dan Juru Parkir

Wali Kota Pekalongan Dorong Pemberdayaan Pengemudi Profesional dan Juru Parkir

Pekalongan, 6 Mei 2024 - Wali Kota Pekalongan mebuka kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pengemudi Profesional Angkutan Umum Angkatan I dan II, Pengemudi Kendaraan Operasional Angkatan I dan II, serta Juru Parkir Berkeselamatan Angkatan XV dan XVI yang dilaksanakan di Pusdiklat Kospin Jasa Kota Pekalongan.

Dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait seperti Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat, dan Kepala Seksi Penyelenggara Diklat Balai Diklat Transportasi Darat Mempawah Kalimantan Barat, Sulaiman Fatwa, acara tersebut berhasil menyatukan lebih dari ratusan peserta dari berbagai latar belakang, termasuk pengemudi angkutan umum, pengemudi kendaraan operasional, serta juru parkir.

Wali Kota Afzan Arslan Djunaid menyampaikan harapannya bahwa melalui pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengemudi dengan keselamatan serta memahami peran penting mereka dalam menata lalu lintas di Kota Pekalongan. "Karena masalah lalu lintas di kota pekalongan ini masih banyak sekali, dalam arti ada beberapa permasalahan karena kondisi makin padat, kendaraan semakin banyak, baik itu motor, mobil, angkutan ekspedisi Banyak sekali masukan-masukan terutama di sosial media kalau ada kecelakaan atau sebagainya, itu sudah kita lakukan, sudah kita usulkan. Mudah-mudahan di tahun 2025 itu bisa terealisasi karena itu kan penghubung juga antara kabupaten dan Batang," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat, menjelaskan bahwa acara ini melibatkan total 150 peserta, termasuk pengemudi angkutan umum, pengemudi profesional, dan juru parkir. "Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan terkait keselamatan dalam mengemudi dan pengetahuan terkait regulasi parkir," ungkapnya.

Diharapkan, melalui upaya pemberdayaan seperti ini, masyarakat pengemudi dan juru parkir di Kota Pekalongan dapat semakin profesional dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas mereka, serta ikut serta aktif dalam menjaga ketertiban dan keselamatan lalu lintas di wilayah tersebut.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan