Wali Kota Pekalongan Dorong Inovasi Guru Penggerak dalam Program Pendidikan

Wali Kota Pekalongan Dorong Inovasi Guru Penggerak dalam Program Pendidikan

Pekalongan, 23 April 2024 - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pekalongan, Wali Kota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, turut memimpin kegiatan Loka Karya 7 dengan tema "Panen Hasil Belajar" Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9. Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, dan jajaran guru penggerak Kota Pekalongan ini bertujuan untuk memberdayakan guru-guru dalam mengembangkan metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam wawancara eksklusif, Wali Kota Pekalongan menyampaikan komitmennya terhadap program guru penggerak. "Program guru penggerak ini Alhamdulillah ini dari Dinas Pendidikan komitmen untuk bagaimana kita mengupgrade ilmu dari guru-guru, bukan hanya mengupgrade murid," ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya peran guru dalam mengikuti perkembangan teknologi dan kebijakan pendidikan. "Upgrade murid itu harus terus guru-guru juga bagaimana cara mengajar dengan pola anak-anak sekarang, bagaimana mengajar dengan kemajuan teknologi, bagaimana mengajar dengan program-program Kementrian Pendidikan ya ini kan juga banyak perubahan," tambahnya.

Lebih lanjut, Wali Kota Afzan Arslan Djunaid menyoroti pentingnya penunjukan kepala sekolah dari kalangan guru penggerak. "Nanti pada penunjukan kepala sekolah di Kota Pekalongan di tingkat SD maupun SMP dan PAUD ini harus dari guru penggerak, ini yang lebih penting. Supaya untuk memotivasi semua guru untuk ikut sebagai guru penggerak," ungkapnya.

Sementara itu, dalam acara Loka Karya 7, berbagai inovasi yang dilakukan oleh guru-guru penggerak mendapat apresiasi. "Inovasi-inovasi seperti tadi menurut saya sangat luar biasa. Ada yang dari daur ulang, ada yang bahan-bahan makanan dari tempe dan sebagainya, pokoknya macam-macam kreatif lah," tutur Wali Kota Afzan Arslan Djunaid.

Dengan semangat inovasi dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pekalongan terus bergerak maju dalam menciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan