Wali Kota Aaf Launching Petunjuk Pengelolaan (ATENSI)

Wali Kota Aaf Launching Petunjuk Pengelolaan (ATENSI)

Wali Kota Pekalongan,H.A Afzan Arslan Djunaid, atau Aaf melaunching Petunjuk Pengelolaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Kamis (02/11/2023) di Jalan Taruma Negara No 18 ,Perum Gama Permai l, Kecamatan Pekalongan Barat.

Selain melaunching Petunjuk Pengelolaan ATENSI, Wali Kota Aaf juga melaunching Pengembangan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus, yakni LATIH ADIKKU, serta menyerahkan secara simbolis bantuan ATENSI kepada penerima bantuan yang diperoleh dari Sentra Terpadu Kartini Temanggung dengan total nilai 305.429.000 rupiah.

Wali Kota Aaf mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Sentra Terpadu Kartini Temanggung yang sudah memberikan bantuan. “Menurut saya bantuan ini sangat luar biasa yaitu total bantuan sebesar 305 Juta rupiah seperti bantuan alat terapi, kaki palsu, bantuan usaha untuk temen temen disabilitas ,” terangnya.

Sementara itu Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana, mengatakan petunjuk pengelolaan tersebut berupa Sistem Informasi Pengelolaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (SIP ATENSI).

“Tadinya, layanan terapi tersebut hanya melayani PM residensial dan day care sekitar Temanggung. Tapi kini dikembangkan di Kota Pekalongan setelah sebelumnya dilaunching di Kabupaten Magetan dan Madiun. Berikutnya akan disusul oleh launching di beberapa kabupaten dan Kota lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” sebut Iyan.

Selanjutnya, Iyan menambahkan Unit Layanan Terapi Khusus yang menjangkau seluruh wilayah kerja yang ada di 22 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur, berupa fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara, psikososial dan lainnya.

Selain layanan di fasilitas Sentra Terpadu Kartini “LATIH ADIKKU”, nantinya juga akan ada pemberian pelayanan langsung di rumah (homecare). Ini mencakup berbagai terapi dan penguatan keluarga yang dilakukan oleh para pekerja sosial, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanganan anak disabilitas dan anak berkebutuhan khusus.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan