Wakil Wali Kota Pekalongan Hadir Muskomwil III APEKSI

Wakil Wali Kota Pekalongan Hadir Muskomwil III APEKSI

Musyawarah Komisariat Wilayah III APEKSI (Muskomwil III APEKSI) tahun 2023 sukses dilaksanakan di Surakarta tanggal 6-8 Desember. Wakil Wali Kota Pekalongan H. Salahudin, S.TP turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua KOMWIL III APEKSI, Wali Kota Tegal, menegaskan komitmennya untuk mendukung dan menjalankan kegiatan APEKSI, apalagi pada tahun 2024 dimana yang dibilang kondusif, aman, dan terkendali.

"Saya yakin bahwa para ASN yang ada di pemerintahan dapat tetap netral. Harapan kami adalah agar estafet kepemimpinan APEKSI bisa berjalan dengan lancar," ujar Wali Kota Tegal.

Muskomwil III APEKSI dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno dalam Sambutannya juga beliau menyoroti sejumlah isu penting, khususnya terkait permasalahan perkotaan. Salah satunya adalah masalah sampah yang menjadi fokus utama, di mana kota-kota dengan praktik terbaik diharapkan dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman guna menyelesaikan masalah bersama.

"Penyediaan air bersih menjadi masalah penting di kota-kota dengan jumlah penduduk yang besar. Kerjasama antar-pemerintah daerah diharapkan dapat menjadi solusi dalam hal ini. Pembangunan transportasi yang ramah lingkungan juga menjadi perhatian, di mana momentum Muskomwil III APEKSI ini diharapkan dapat menjadi panggung pencarian solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi," ujar Sekda Provinsi Jawa Tengah.

Lebih lanjut, dalam arahannya, Sekda Provinsi juga menyoroti pentingnya peran pemerintah dalam opsen penerimaan pajak bermotor pada tahun 2025 serta perlunya peran aktif pemerintah kota dalam meningkatkan kepatuhan. Peningkatan pendapatan asli daerah dianggap krusial, dan optimalisasi potensi yang ada menjadi fokus ke depan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Dengan fokus pada isu lingkungan, infrastruktur, serta kebijakan pemerintah daerah, Muskomwil III APEKSI 2023 di Surakarta menandai komitmen bersama untuk mencari solusi terbaik guna membangun kota-kota yang lebih berkelanjutan dan berkualitas.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan