Tradisi Syawalan Kota Pekalongan, Pemotongan Lopis Raksasa Kembali Digelar

Tradisi Syawalan Kota Pekalongan, Pemotongan Lopis Raksasa Kembali Digelar

Pekalongan, 17 April 2024 - Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid, beserta Istri, Inggit Soraya, hadir dalam kegiatan Syawalan dan Pemotongan Lopis Ageng dan Lopis Raksasa di Krapyak, Kota Pekalongan. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pekalongan dan jajaran Forkompimda Kota Pekalongan ini mampu menarik perhatian ribuan warga dan pengunjung untuk turut hadir.

Dalam wawancaranya, Wali Kota Afzan menyampaikan apresiasi terhadap kreativitas panitia dalam mengembangkan tradisi Syawalan. Pada tahun ini, ada 2 lopis berukuran besar yang dipotong. Yang pertama, di Krapyak Lor Gg. 1 memotong lopis seberat 2.352 Kg, tinggi 198 cm, diameter 85 cm. Yang kedua, di Krapyak Kidul Gg. 8 memotong lopis raksasa seberat 2.018 Kg, tinggi 232 cm, keliling 250 cm.

Aaf, sapaan akrab Wali Kota Pekalongan, menyatakan kegembiraannya atas kemajuan tersebut, khususnya dengan adanya inovasi seperti penyelenggaraan bazar yang diikuti oleh UMKM lokal.

"Tradisi lopis ini juga bisa berdampak untuk masyarakat lokal terutama masyarakat Krapyaknya sendiri, dan semuanya UMKM ini murni dari Krapyak. Semangat kolaborasi untuk menjaga tradisi, mudah-mudahan semua bisa lebih lancar lagi ke depannya nanti," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aaf juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya menarik warga Pekalongan, tetapi juga pengunjung dari luar kota. Hal ini menunjukkan potensi wisata yang dapat terus dikembangkan dalam upaya memajukan pariwisata lokal.

Syawalan di Kota Pekalongan tahun ini telah mencatat dua acara besar, yaitu Festival Balon dan Syawalan Lopis, yang menandai semaraknya tradisi dan budaya di Kota Pekalongan. Diharapkan ke depannya acara semacam ini dapat diselenggarakan tidak hanya pada hari Syawalan namun juga pada kesempatan lainnya, guna menarik lebih banyak wisatawan dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan