Sebagai Pembuka Rangkaian Peringatan Hari Batik, Pemkot Pekalongan Selenggarakan Upacara

Sebagai Pembuka Rangkaian Peringatan Hari Batik, Pemkot Pekalongan Selenggarakan Upacara

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Upacara dan Senam Bersama di Halaman Museum Batik Kota Pekalongan, Senin (02/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin, dan upacara diikuti oleh perwakilan tiap-tiap OPD, berbagai komunitas, para penggiat batik, pelajar, serta masyarakat Kota Pekalongan dengan berpakaian kebaya dan sarung batik.

Upacara tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan. “Kita mengundang seluruh masyarakat, komunitas batik, dan generasi muda untuk mengikuti upacara Hari Batik Nasional ini, sekaligus juga untuk menanamkan rasa cinta pada batik di kalangan generasi muda kita”.

Selain menyelenggarakan berbagai kegiatan di Kota Pekalongan, pada tahun ini Kota Pekalongan akan berpartisipasi dalam pameran INACRAFT yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 4-8 Oktober 2023 mendatang.

Selanjutnya, Salahudin juga menyampaikan pesan agar nantinya jika upaya pemerintah untuk memulihkan sektor batik pasca pandemi telah berhasil dan penjualan batik kembali meningkat, harapannya para pengusaha batik dapat turut memperhatikan kesejahteraan para pekerjanya.

“Mulai dari pembatiknya, tukang coletnya, tukang lorod, dan lain sebagaikanya harus diperhatikan, karena itu juga sebenarnya adalah rejeki bersama antara pengusaha juga para pekerjanya”.

Selanjutnya, dalam acara tersebut turut dilaksakan pelepasan peserta delegasi yang akan mewakili Kota Pekalongan untuk memamerkan budaya batik dalam pameran INACRAFT 2023 yang dilakukan secara simbolis, ditandai dengan pelepasan balon.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan