Sasar Kelurahan Podosugih, TMMD Sengkuyung III Rencanakan Peninggian Jalan Sepanjang 201 Meter

Sasar Kelurahan Podosugih, TMMD Sengkuyung III Rencanakan Peninggian Jalan Sepanjang 201 Meter

Dalam upaya mempercepat pembangunan daerah dan mempererat hubungan antara TNI, aparat, dan masyarakat, TNI Kodim 0710/Pekalongan kembali melaksanakan Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung III Tahun 2023, yang pada pelaksanaan kali ini menyasar jalan makam si kembang, Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat dengan rencana pembangunan fisik yakni peningkatan jalan sepanjang 201 meter.

Pembukaan program TMMD Sengkuyung III Tahun 2023 dihadiri oleh Wawalkot Pekalongan, Salahudin, yang sekaligus menjadi inspektur apel, Rabu (20/09/2023). Dalam sambutannya, Salahudin menekankan pentingnya kemanunggalan antara TNI, masyarakat, dan pemerintah dalam mengangkat daerah yang disasar.

“Untuk peninggian jalan termasuk beberapa kegiatan lain saya kira menjadi kesempatan emas masyarakat di sekitar untuk melu-melu ngalab berkah nggawe dalan. Karena kalau jalan ini bisa dimanfaatkan oleh orang banyak, pahala akan mengalir terus, ini kesempatan kita semua untuk bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu, ada pula program sasaran non fisik yang akan dilaksanakan, yakni penyuluhan tentang berbagai hal, termasuk wawasan kebangsaan, kamtibmas, UMKM, penanggulangan bencana alam, dan kesehatan (stunting). Program tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi kemiskinan di Kota Pekalongan dan meningkatkan daya saing ekonomi rumah tangga.

Salahudin menyampaikan bahwa sejauh ini pelaksanaan program TMMD telah memberikan manfaat nyata dalam membangun infrastruktur dan memotivasi masyarakat untuk menggali potensi wilayah mereka.

Selanjutnya, Salahudin pun turut berharap agar pelaksanaan program yang akan berlangsung dari 20 September - 19 Oktober 2023 tersebut akan mendapat partisipasi aktif dari masyarakat untuk mencapai kesuksesan bersama.

“Kami harapkan partisipasi masyarakat yang banyak, karena ini wujud kemanunggalan tentara dan rakyat, terlebih sebentar lagi hari ulang tahun tentara nasional indonesia ke-78,” pungkasnya.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan