Predikat Meritokrasi Pemerintah Kota Pekalongan di Tahun 2023 Meningkat Menjadi Sangat Baik

Predikat Meritokrasi Pemerintah Kota Pekalongan di Tahun 2023 Meningkat Menjadi Sangat Baik

Pemerintah Kota Pekalongan pada tahun ini kembali menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023 untuk kategori instansi pemerintah yang telah mengimplementasikan manajemen talenta dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT). Penerapan sistem merit dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Pekalongan berhasil meraih kategori “sangat baik” dengan nilai 327 dan indeks pengisian JPT dengan nilai 87,5 kategori “baik”.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid, SE. Anugerah Meritokrasi keempat ini diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Kamis (7/12/2023) di Yogyakarta.

Walikota Aaf merasa bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kota Pekalongan. Menurutnya, penghargaan dari KASN dan Kementerian PAN-RB ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Pekalongan mendapatkan apresiasi positif atas manajemen ASN yang dikelola selama ini. “Apapun di era saya, di masa jabatan saya semuanya profesional. Kalau memang kinerjanya baik, tanpa jual beli jabatan pasti akan naik dengan sendirinya dan Alhamdulillah Kota Pekalongan juga sudah diapresiasi bahwa kita nol rupiah tentang jual beli jabatan,” tegasnya.

Kepala BKPSDM Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini menambahkan, bahwa selama kurun waktu 3 tahun terakhir, indeks sistem merit di Kota Pekalongan meningkat pesat.

“Pada tahun 2021 itu nilai kita masih kurang, kemudian di tahun 2022 kita memperoleh predikat Baik, dan alhamdulillah di 2023 ini berhasil memperoleh predikat Sangat Baik,” ungkap Anita.

Pemerintah Kota Pekalongan melalui BKPSDM akan terus berbenah dan terus memperbaiki sistem manajemen kepegawaian yang ada sekarang untuk bisa diterapkan pada tahun mendatang menjadi lebih baik.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan