Pemulasaraan Jenazah, Pengetahuan Penting yang Belum Banyak Diketahui

Pemulasaraan Jenazah, Pengetahuan Penting yang Belum Banyak Diketahui

Ketua TP-PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya, membuka Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Muslim yang bertempat di Aula TP-PKK Kota Pekalongan, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara Bagian Kesra Setda Kota Pekalongan bersama TP-PKK Kota Pekalongan, khususnya Pokja 1, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait perawatan terhadap jenazah.

Inggit manyampaikan bahwa materi dalam pelatihan tersebut adalah penting dan wajib diketahui oleh setiap umat muslim. Namun begitu, tampak masih banyak masyarakat yang belum mengetahui betul cara memuliakan jenazah.

“Ini tergolong hal wajib dan sangat penting untuk diketahui setiap orang. Namun, ternyata masih banyak yang masih belum betul-betul paham, padahal jika ada keluarga yang meninggal dunia yang diaharapkan untuk mengsucikan adalah anggota keluarga sendiri,” tambahnya.

Inggit pun menyampaikan bahwa SDM yang terampil dalam melakukan pemulasaraan jenazah di Kota Pekalongan masih sangat sedikit, berbanding jauh dengan jumlah masyarakat sendiri. “Tahun kemarin disampaikan oleh Pak Lebe, ini masih sangat kurang. Nah nanti semoga bisa bermanfaat, ibu-ibu PKK juga bisa membantu di lingkungan sosialnya apabila dibutuhkan,” harap Inggit.

Lebih lanjut, Ibu Rohanah Fatahati, Ketua Pokja 1 TP-PKK Kota Pekalongan, turut menyampaikan bahwa pelatihan tersebut merupakan pelaksanaan kali kedua dan diikuti oleh perwakilan anggota TP-PKK dari seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Pekalongan. “Alhamdulillah hari ini banyak yang hadir, ada sekitar 80 orang peserta. Mereka adalah perwakilan dari TP-PKK tingkat kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan