Pemkot Tertibkan Pedagang di Tempat Parkir Pasar Darurat Sorogenen

Pemkot Tertibkan Pedagang di Tempat Parkir Pasar Darurat Sorogenen

Tim gabungan dari Pemerintah Kota Pekalongan yang terdiri dari Satpol P3KP, Dinas Perhubungan dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM melakukan operasi penertiban bagi pedagang yang menggelar daganganya di tempat parkir pasar darurat Sorogenen, Kota Pekalongan, Senin (4/12/2023) pagi.

Upaya penertiban ini dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin, didampingi Kepala Satpol P3KP, Sriyana, Plt Kepala Dinas Perhubungan Susilo serta plt kepala Dinas Perdagangan,Koperasi dan UKM, Supriono. Pada kesempatan itu Salahudin sempat memeriksa KTP para pedagang tersebut, dan rata-rata mereka berasal dari luar Kota Pekalongan, diantaranya dari Batang, Pemalang, Banjarnegara, bahkan Dieng.

"Ketika kami ngobrol-ngobrol dan lihat identitasnya ternyata mereka yang berjualan di sisi barat ini mayoritas ber-KTP dari luar Kota Pekalongan seperti daerah Batang, Banjarnegara, Dieng Wonosobo. Mereka dari luar Kota Pekalongan boleh berdagang disini tetapi harus tertib aturan yang diberlakukan di Kota Pekalongan. Salah satunya harus memperhatikan keindahan dan ketertiban masyarakat, yakni tidak menggunakan lahan parkir untuk berjualan," tegas Salahudin.

Plt Kepala Dindagkop dan UKM menambahkan bahwa pasar darurat Sorogenen ini sebenarnya diperuntukkan bagi para pedagang yang semula berjualan di Pasar Banjarsari. ”Karena terbakar habis beberapa tahun lalu, para pedagang dipindahkan ke pasar darurat sorogenen menempati lapangan, bukan di taman maupun tempat parkir,” katanya.

Namun ternyata pedagang liar pun bermunculan dengan menempati tempat yang semula digunakan untuk taman dan area parkir sehingga menyebabkan warga merasa terganggu saat hendak parkir untuk berbelanja. Bahkan pedagang yang berjualan di area dalam pun merasa dirugikan.

"Karenanya dengan upaya penertiban ini diharapkan para pedagang bisa mentaati aturan dan tempat parkir dapat difungsikan sebagaimana mestinya," kata Supriyono.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan