Buka Sosialisasi ASB Fisik, Aaf : Temuan BPK di Kota Pekalongan Paling Sedikit

Buka Sosialisasi ASB Fisik, Aaf : Temuan BPK di Kota Pekalongan Paling Sedikit

Walikota pekalongan H.A Afzan Arslan Djunaid, S.E., M.M membuka Sosialisasi Analisa Standar Biaya (ASB) Fisik Kontruksi Bangunan Kota Pekalongan Tahun 2024 di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Senin (05/01/2024).

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan sebagai sosialisasi kepada semua OPD termasuk kecamatan dan kelurahan untuk penentuan standar harga terutama untuk pembangunan fisik.

Aaf, sapaan akrab Wali Kota Pekalongan, mengungkapkan rasa syukurnya karena temuan BPK di Kota Pekalongan paling sedikit se-Jawa Tengah.

"Alhamdulillah Kota Pekalongan di tahun 2023 ini temuannya yang paling sedikit di Jawa Tengah dan banyak di kota/kabupaten yang lain tahun 2023 dari temuan BPK berlanjut kepada pemeriksaan KPK dan kita tidak ingin seperti itu. Alhamdulillah Kota Pekalongan sampai dengan tahun 2023 masih aman," ungkapnya.

Meskipun demikian, Aaf menegaskan status ini harus dipertahankan atau bahkan lebih baik di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

"Kita harapannya di tahun 2024 dan selanjutnya bisa semakin berkurang kalau untuk nihil mungkin memang agak susah karena beberapa kriteria pemeriksaan dari BPK. Yang penting adalah para dinas ini bisa bekerja profesional sesuai dengan aturan jangan sampai terjadi penyimpangan yang terlalu besar," jelas Aaf.

Lebih lanjut, Aaf berharap ASN di Kota Pekalongan semakin profesional dalam kinerjanya dan semakin teliti dalam perencanaan maupun eksekusi kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun yang paling penting, semua kinerja yang dilakukan adalah demi kepentingan masyarakat.

"Kadang memang kita harus berinovasi yang itu tidak sesuai perencanaan maupun pagu di tahun itu tapi manfaatnya yang penting untuk masyarakat bukan untuk kepentingan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda maupun ASN tapi kepentingannya untuk masyarakat," pungkas Aaf.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan