Siapkan SDM Kasir Koperasi yang Mumpuni Dindagkop-UKM Kembali Latih dan Berikan Uji Kompetensi

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop-UKM) kembali melatih dan memberikan uji kompetensi bagi 27 orang kasir yang tersebar di 12 KSP/USP Koperasi dan KSPPS/USPPS Koperasi di Kota Pekalongan. Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari, mulai 5-8 Oktober 2020, bertempat di Hotel Horison Kota Pekalongan, Senin (5/10/2020).

Pelatihan dan uji kompetensi yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini dibuka secara langsung oleh Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz,SE. Pada kesempatan tersebut, Saelany menyampaikan bahwa bagian kasir koperasi merupakan salah satu komponen pekerjaan yang sangat penting dalam keberlangsungan koperasi. Menurutnya, jika seorang kasir koperasi tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang handal akan mempengaruhi hasil dan keberlangsungan koperasi tersebut.

“Oleh karena itu kami apresiasi dan menilai bahwa pelatihan dan penilaian uji kompetensi bagi kasir koperasi ini sangat penting dilakukan sebagai kunci sukses keberhasilan dalam menjalankan roda suatu organisasi koperasi sekaligus memberikan bekal yang memadai agar para kasir koperasi dapat menjalankan tupoksi dalam pelayanan di masing-masing lembaga koperasinya dengan baik,” terang Saelany.

Disampaikan Saelany, selain pengurus koperasi khususnya kasir koperasi wajib bersertifikasi, mereka juga diminta harus teliti dan mengikuti perkembangan zaman di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Saelany berharap, para peserta pelatihan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan menyerap serta mempraktekkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan sehingga nantinya bisa memiliki kompetensi yang mumpuni dan siap di bidang pelayanannya masing-masing, dan bisa lebih profesional menjalankan tugasnya.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan